Teknologi

4 Pertimbangan Penting untuk Setiap Kampanye Pemasaran Media Sosial

Saya telah mengembangkan dan menguraikan banyak proses internal, dokumen kebijakan dan strategi sepanjang karir saya. Dengan pengalaman dan latihan, menjadi jelas bahwa suatu proses tidak dapat bertahan dari waktu dan perubahan jika tidak terukur dan dapat diulang. Prinsip yang sama berlaku untuk Strategi Pemasaran Media Sosial; Ini harus menjadi proses yang dapat beradaptasi dengan pertumbuhan dan perubahan dari waktu ke waktu.

Saluran media sosial baru bermunculan di kiri dan kanan, terutama untuk komunitas jejaring sosial khusus dan jaringan bisnis bertarget geografis. Untuk menjangkau calon pelanggan baru, Anda perlu terus memperluas jangkauan di jaringan baru yang sesuai. Baik Anda meluncurkan kampanye pemasaran media sosial pertama Anda atau menjelajah ke jaringan atau ruang sosial baru, ada empat aspek kunci untuk setiap ekspansi. Artikel ini tidak membahas detail rencana permainan media sosial Anda yang akan mencakup strategi bisnis, sasaran, dan tindakan yang diperlukan untuk mewujudkannya, melainkan menawarkan pendekatan berulang yang dapat diterapkan sepanjang siklus hidup kampanye Anda.

1. Mulai Kecil

Jika Anda baru mengenal dunia media sosial untuk bisnis Anda atau memutuskan sudah waktunya untuk serius dengan keterlibatan media sosial Anda untuk benar-benar memanfaatkan peluang pemasaran yang luar biasa ini, mundur selangkah, tetap fokus, dan mulai dari yang kecil. Sangat mudah untuk terjebak dalam kemungkinan pemasaran media sosial dan dengan cepat terjun ke banyak bidang sekaligus. Ini tidak hanya akan membuat Anda kewalahan, tetapi juga akan melemahkan kampanye Anda. Lakukan riset atau bekerja dengan seorang ahli yang dapat merekomendasikan Anda memilih dua atau tiga jaringan sosial yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Buat profil Anda, identifikasi audiens target Anda, dan mulailah membangun kehadiran Anda di jaringan premium ini yang membuat Anda tetap selaras dengan strategi bisnis Anda.

2. Menjadi Nyaman

Mengembangkan kenyamanan dan keakraban dengan forum dan teknologi media sosial sangat penting, terutama jika Anda baru mengenal ruang media sosial. Anda harus nyaman tidak hanya dengan cara menggunakan teknologi, tetapi juga saat berinteraksi dengan audiens target Anda. Interaksi Anda harus alami dan ramah. Manfaat penting dari jejaring sosial adalah kemampuan untuk “berbicara” dengan audiens target Anda, bukan hanya audiens target Anda. Anda berbagi ide dan memberikan nilai kepada calon pelanggan dan pemimpin di industri Anda. Ada banyak cara untuk terhubung dengan audiens target Anda, tergantung pada bisnis dan bidang keahlian Anda. Sedikit trial and error tidak masalah. Uji air, coba pendekatan yang berbeda, dan pastikan untuk melacak dan mengukur hasilnya sehingga Anda dapat menentukan mana yang paling berhasil.

3. Tetapkan Rutinitas

Ini bisa menjadi area yang sulit bagi banyak bisnis. Ya, dibutuhkan beberapa disiplin, tetapi begitu Anda membuat rutinitas yang sesuai untuk Anda, Anda akan memiliki konsistensi yang diperlukan untuk jejaring sosial. Jika Anda hanya memposting pembaruan mingguan di Twitter, sesekali memposting artikel di halaman Facebook Anda, dan membalas diskusi sebulan sekali di jejaring sosial khusus Anda, Anda tidak akan mendapatkan visibilitas. Semakin banyak Anda berkontribusi, semakin terlihat Anda. Tetap aktif dan memberikan nilai akan menghasilkan pengembalian dampak atau kesadaran merek, yang pada gilirannya akan menghasilkan ROI. Rutinitas mana yang paling berhasil akan berbeda untuk setiap bisnis dan akan bergantung pada apakah Anda menjalankan kampanye sendiri atau dengan bantuan kolega atau pakar media sosial.

Bagi sebagian orang, yang terbaik adalah mengelompokkan aktivitas jejaring sosial bersama pada satu waktu dalam sehari untuk fokus pada tugas lain di sisa hari itu. Bagi yang lain, lebih mudah untuk membuat sedikit waktu sepanjang hari untuk fokus pada jaringan sosial tertentu. Beberapa jaringan seperti Hootsuite (favorit pribadi saya) dan Tweetdeck memiliki alat yang hebat untuk pra-perencanaan posting Anda. Ini dapat menghemat waktu Anda dan membantu Anda mempertahankan tingkat keterlibatan yang konsisten ini. Tidak semua pembaruan dan posting harus direncanakan sebelumnya, tetapi merupakan praktik yang baik untuk menyertakan beberapa yang dijadwalkan, dan ini juga merupakan cara yang bagus untuk memanfaatkan layanan seorang ahli. Dengan mendelegasikan beberapa aktivitas pemasaran media sosial, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan audiens Anda secara pribadi dengan secara rutin menanggapi komentar dan diskusi.

4. Perluas

Setelah Anda menyempurnakan proses ini untuk dua atau tiga jejaring sosial, Anda dapat membuka jaringan baru, tetapi lakukan riset terlebih dahulu. Anda perlu mengidentifikasi jejaring sosial atau ruang media sosial terbaik di mana bisnis Anda seharusnya ada. Mungkin kali ini Anda ingin menjangkau komunitas niche. Mungkin sudah waktunya untuk mempelajari pemasaran video, bidang yang sangat menarik dalam pemasaran internet dengan potensi untuk menjadi viral jika Anda melakukannya dengan benar. Anda mungkin siap untuk membuat jaringan sosial Anda sendiri. Ada alat yang sudah jadi untuk melakukan ini. Putuskan jejaring sosial mana yang harus ada dalam daftar Anda dan mulailah proses mengembangkan strategi Anda saat ini, dimulai dengan nomor satu.

Tidak peduli ke arah mana Anda mengambil kampanye, dengan tetap berada dalam kerangka keempat aspek ini saat Anda membuat strategi, Anda akan mempertahankan kontrol dan konsistensi yang merupakan kunci keberhasilan strategi pemasaran media sosial apa pun.

Hak Cipta ©2010 – Bantuan Virtual yang Efektif. Seluruh hak cipta.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button