Teknologi

Menggunakan Media Sosial untuk Meningkatkan Penjualan dan Kesadaran Merek

Perusahaan terus meluncurkan kampanye pemasaran untuk mempromosikan merek mereka dan meningkatkan penjualan mereka. Beberapa di antaranya cukup sukses – slogan dan iklan Carlsberg ‘mungkin bir terbaik di dunia’ menciptakan kesadaran merek dan reputasi yang sangat baik. Ini kemudian berkontribusi pada peningkatan penjualan dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan. Tetapi banyak dari perusahaan ini memiliki anggaran pemasaran dan periklanan yang besar. Bagaimana jika perusahaan Anda tidak mampu melakukan inisiatif pemasaran ini? Di sinilah pemasaran media sosial berperan. Sebagian besar ‘alat’ pemasaran media sosial gratis dan dapat memberikan jumlah paparan pemasaran yang sama apakah Anda baru memulai atau konglomerat raksasa. Artikel ini menjelaskan bagaimana Anda dapat menggunakan pemasaran media sosial untuk meningkatkan penjualan dengan biaya yang relatif rendah.

Pertama, mari kita singkirkan mitos bahwa pemasaran media sosial tidak secara langsung mengarah pada peningkatan penjualan. Berikut adalah beberapa contoh untuk membuktikannya: Sony mengumumkan penjualan tambahan £1 juta di Twitter pada bulan Februari, Dell mengumumkan pada bulan Juni tahun lalu bahwa kehadiran mereka di Twitter menghasilkan peningkatan penjualan sebesar $3 juta. Anda bisa berargumen bahwa ini adalah dua perusahaan besar dan mereka sudah memiliki reputasi merek. Namun, perusahaan kecil lainnya juga mengalami peningkatan penjualan dengan bentuk pemasaran ini. Bukan kebetulan bahwa John Fluevog Boots & Shoes Ltd, produsen sepatu kecil Kanada, melaporkan peningkatan 40% dalam penjualan pada tahun 2009 ketika memulai pemasaran media sosial.

Jadi bagaimana pemasaran media sosial dapat berkontribusi pada peningkatan penjualan untuk perusahaan Anda? Alat media sosial memungkinkan Anda menjangkau jutaan orang. Sebuah iklan televisi akan menjangkau orang-orang yang menonton pada saat itu dan tidak akan memungkinkan adanya interaksi dengan konsumen. Sebuah tweet dapat menjangkau jutaan orang. Misalnya, Sainsbury secara teratur men-tweet tentang penawaran terbarunya. Siapa pun yang ingin mengikuti ini dapat mengikuti Sainsbury di Twitter. Ini memberikan basis pelanggan potensial yang jauh lebih besar dan memungkinkan peningkatan penjualan sekaligus menciptakan kesadaran merek. Juga, orang dapat menanggapi tweet ini, yang menyediakan forum untuk interaksi pelanggan dan karenanya wawasan pelanggan. Bisnis Anda dapat memalsukannya, men-tweet promosi Anda memberikan iklan gratis. Jika ini dilakukan secara kreatif, itu benar-benar dapat meningkatkan penjualan dan membuat perusahaan Anda diperhatikan.

Pemasaran media sosial bekerja mirip dengan bentuk pemasaran lainnya; itu adalah virus. Sebuah perusahaan kecil awalnya bekerja dari mulut ke mulut, orang memberi tahu teman-teman mereka. Jenis pemasaran ini, terutama Twitter dan Facebook, bekerja dengan konsep ‘teman’. Orang dapat memberi Anda ulasan positif, merekomendasikan produk Anda, dan men-tweet tentang perusahaan Anda. Semua komunitas sosial ini memastikan bahwa nama dan merek perusahaan Anda dilihat oleh banyak orang. Penggunaan media sosial secara terus menerus dari waktu ke waktu membantu meningkatkan penjualan dengan menciptakan kesadaran merek. Salah satu klien kami, PeachorLemon, sebuah situs ulasan mobil, telah memperoleh lebih dari seratus pengikut di Twitter dalam waktu seminggu. Itu seratus lebih orang yang mengetahui promosi dan penawaran, yang dapat memberi tahu teman-teman mereka, mengunjungi situs web, atau menyebut PeachorLemon menggunakan alat media sosial lainnya. Semua ini menciptakan kesadaran merek dan meningkatkan nilai situs web dengan meningkatkan penggunaannya dari waktu ke waktu.

Dampak media sosial pada kesadaran merek sangat penting di masa depan strategi pemasaran usaha kecil. Kesadaran merek hanyalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan, ada banyak faktor penting lainnya. Namun, seperti yang ditunjukkan artikel ini, menciptakan kesadaran merek melalui variasi pemasaran baru yang ada ini dapat berdampak besar pada bisnis dan pendapatan Anda.

Anthony O’Flynn

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button